Home / Artikel

image

Ini Cara Mengamankan Data Digital dari Serangan Hacker


Data pribadi dan informasi penting merupakan sasaran empuk bagi para hacker. Pasalnya, hacker akan memanfaatkan celah keamanan untuk mencuri data dan memanfaatkannya untuk hal-hal yang merugikan Anda. Tak heran jika keamanan data menjadi perhatian khusus bagi para pelaku bisnis dan usaha, sehingga mereka bersedia untuk melakukan berbagai hal demi mengamankannya. Salah satunya saja seperti IBM Storage Server Indonesia, yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan sekuritas data penting dari tangan-tangan tak bertanggung jawab.
Nah, untuk Anda yang ingin mengamankan data digital dari serangan hacker, beberapa hal ini bisa dilakukan:
1. Jangan sembarangan mengisi data. Berhati-hatilah dengan data pribadi Anda ketika terhubung dengan internet. Anda harus memastikan bahwa situs yang dikunjungi benar-benar aman. Jangan sembarangan mengisi data jika tidak perlu. Sebab banyak sekali hacker yang mengintai di internet dan menunggu celah keamanan untuk mencuri semua data digital Anda.
2. Manfaatkan VPN. Banyak yang berkata bahwa VPN atau Virtual Private Network merupakan layanan yang membahayakan karena bisa mencuri data Anda. Hal ini tidak benar adanya, karena berbeda dari fakta yang beredar di masyarakat, VPN justru memungkinkan Anda untuk mengunjungi situs dengan aman dan juga privat. VPN akan mengubah jalur koneksi melalui server yang akan membuat hacker merasa kesulitan untuk mencuri data Anda. Namun demikian, meskipun begitu, jangan menggunakan VPN yang abal-abal dan carilah yang berkualitas, ya!
3. Nonaktifkan WiFi jika tidak digunakan. Tak sedikit dari Anda yang tetap menyalakan WiFi meski tidak digunakan. Padahal, kebiasaan ini merupakan sesuatu yang membahayakan. Sebab perangkat Anda secara otomatis akan langsung terhubung pada jaringan yang tidak aman tanpa disadari. Bukan tidak mungkin jika ponsel Anda akan disisipi malware melalui jaringan internet tersebut.
4. Aktifkan enkripsi disk penuh. Anda juga bisa melindungi kompuer atau laptop Anda dengan FDE atau Full Disk Encryption. FDE sendiri merupakan metode enkripsi hard drive sehingga data di drive selalu dienkripsi. Ketika perangkat Anda dicuri, maka semua data di dalamnya akan tetap aman. Enkripsi ini juga bisa menjadi cara efektif menyimpan data di flashdisk, karena pada saat flashdisk hilang tidak ada orang yang bisa membaca data tersebut. Hal ini penting karena hingga saat ini flashdisk masih menjadi media favorit para pengguna komputer untuk saling bertukar data. Sebab, selain mudah dibawa, cara mengembalikan data yang hilang dari flashdisk juga tidaklah sulit. Jadi wajar saja jika media ini masih banyak digunakan.
5. Biasakan untuk menggunakan password yang kompleks. Hindari menggunakan password yang sederhana dan mudah ditebak untuk semua akun Anda. Pasalnya, ada banyak sekali password numerik dan pola yang sangat mudah ditebak dan banyak digunakan oleh semua orang. Alhasil, ini akan mempermudah hacker untuk membobol akun Anda. Gunakan untuk menggunakan password yang berisi campuran angka, huruf kapital, dan juga simbol agar sulit ditebak.
Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengamankan data digital Anda dari serangan hacker. Semoga membantu dan selamat mencoba!

mediatamaweb,jasapembuatanwebsite,jasapembuatanaplikasi,companyprofile,websitepadang
websitesumbar,pembuatanandroid,onlineshop,jasaaplikasi,kursusweb,kursusphp,kursusandroid
androidpadang,androidsumbar,jasapembuatanwebsitepadang,jasapembuatanwebsitebukittinggi
pembuatanaplikasipadang,pembuatanaplikasibukittinggi,jasapembuatanaplikasiandroidpadang
jasapembuatanaplikasibukittinggi,aplikasikasirpadang,aplikasikasirbukittinggi,aplikasipenjualanpadang
aplikasipenjualanbukittinggi,kursuswebsitepadang,kursusandroidpadang,kursusaplikasipadang
trainingandroid,trainingframeworkpadang







Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon