Home / Artikel

image

Prediksi Tren Teknologi 2021


Teknologi adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh manusia dengan manfaat dan kegunaan untuk menjadikan kehidupan manusia lebih mudah, lebih maju dan modern. Dengan adanya pembaharuan dari waktu ke waktu teknologi terus memperlihatkan kecanggihannya yang dapat membantu aktivitas manusia untuk meningkatkan produktivitas kerja. Kehadiran COVID-19 juga telah berhasil mempengaruhi transformasi digital.

Sepanjang tahun 2020, masyarakat di seluruh dunia telah beradaptasi dengan keadaan new normal karena adanya COVID-19. Tak hanya dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, adaptasi juga terjadi di dunia teknologi. Sepanjang tahun, seluruh sektor bisnis masyarakat dunia dituntut untuk melakukan digitalisasi sesuai dengan perkembangan dan tren teknologi saat itu. Hal tersebut membuktikan bahwa teknologi mampu mendisrupsi hampir sebagian sektor industri bisnis. Oleh karena itu, penting sekali bagi masyarakat modern untuk adaptif dengan teknologi terbaru.

Pada tahun 2021, Forbes telah menginformasikan transformasi digital tahun 2021. Ada beberapa tren teknologi pada tahun ini, yaitu:

1. Cyber Security -> Pandemi COVID-19 yang membuat dunia digital semakin berkembang membuat tingginya kebutuhan keamanan siber. Penggunaan sistem keamanan siber diprediksi akan menjadi keharusan bagi sektor swasta maupun publik di masa mendatang. Banyaknya data yang terkumpul dalam dunia digital membuat para hacker tertarik melakukan peretasan. Laporan serangan siber di tengah pandemi meningkat dan berdampak besar, bagi individu, organisasi, maupun perusahaan. Kebijakan bekerja dari rumah membuat perusahaan semakin meningkatkan keamanan data perusahaan maupun karyawannya. Oleh karena itu, pada tahun 2021, cyber security akan lebih banyak diminati.

2. Hybrid Cloud -> Hybrid cloud adalah gabungan dari public cloud dan private cloud. Hybrid cloud dapat mengelola private cloud dan public cloud dengan menggunakan tools dalam lingkungan cloud berbeda. Pada tahun 2020, telah banyak perusahaan besar, seperti AWS, Google, dan IBM berinvestasi pada sistem hybrid cloud. Di tahun yang akan datang, hybrid cloud akan dijadikan strategi oleh banyak organisasi atau perusahaan.
Pengembangan teknologi hybrid cloud ini juga akan semakin diminati karena lebih fleksibel digunakan dari versi teknologi cloud sebelumnya, terutama dalam pengembangan operasional perusahaan yang kini dituntut untuk bergerak secara digital.

3. Teknologi Pendukung Work from Home Meningkat -> COVID-19 yang belum usai membuat
teknologi pendukung work from home terus berinovasi.

Persentase pekerja sektor teknologi informasi (TI) di seluruh dunia yang bekerja dari rumah diprediksi akan meningkat di tahun 2021. Tak hanya itu, di tahun yang akan datang juga diprediksi bahwa akan hadir lebih banyak perusahaan berbasis teknologi. Hal itu tentunya mendesak hadirnya beragam teknologi dan aplikasi baru yang dapat mendukung produktivitas bekerja dari rumah

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon